Jumat, 11 Juli 2014

Artikel Kurikulum 2013



Guru dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
Oleh Nyamat


Sejumlah guru di sekolah percontohan Kurikulum 2013 belum seluruhnya mengubah pola mengajar (SM, 7/7/14). Padahal pembelajaran Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pembebelajaran menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran di kelas. Proses kerja pendekatan tersebut perlu memenuhi kriteria ilmiah yang mengedepankan penalaran induktif (inductive reasioning) dibandingkan dengan penalaran deduktif (deductive reasioning). Penalaran induktif menempatkan bukti-bukti spesifik ke dalam relasi idea yang lebih luas, merujuk pada teknik investigasi atas suatu atau beberapa fenomena atau gejala, memperoleh pengetahuan baru (method of inquiry) harus berbasis pada bukti-bukti dari objek yang dapat diobservasi, empiris, dan terukur dengan prinsip-prinsip penalaran yang spesifik.
Peran guru pada pendekatan saintifik sebagai fasilitator perlu memberi fasilitas pada peserta didik untuk mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Dalam kegiatan mengamati, guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan melihat, menyimak, mendengar, dan membaca. Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan pengamatan, melatih mereka untuk memperhatikan hal yang penting dari suatu benda atau objek. Tanpa fasilitasi tersebut pengamatan peserta didik kurang terarah dan tidak tahu mana yang bagian utama objek pengamatan dan bagian pelengkap objek pengamatan.
Kegiatan menanya, fasilatsi guru yaitu membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan objek yang konkrit sampai kepada yang abstrak berkenaan dengan fakta, konsep, prosedur, atau pun hal lain. Pertanyaan bersifat faktual dan hipotetik. Peserta didik perlu dikembangkan rasa ingin tahu yang menjadi dasar untuk mencari informasi lebih lanjut dan beragam dari sumber yang ditentukan guru sampai sumber yang ditentukan sendiri oleh peserta didik.
Fasilitasi guru dalam kegiatan mengumpulkan informasi dan mengasosiasi yaitu mengarahkan peserta didik untuk membaca buku dan sumber lain (media massa baik cetak maupun elektronik) yang lebih banyak. Dari kegiatan tersebut akan terkumpul informasi yang menjadi dasar untuk memproses informasi ada tidaknya keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya, bahkan mengambil berbagai kesimpulan dari pola yang telah ditentukan.
Sedang kegiatan mengomunikasikan, peserta didik perlu difasilitasi guru untuk menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan. Bagaimana isi dan mekanik tulisan peserta didik supaya runtut, santun, baik, dan benar. Pra penulisan, pelaksanaan menulis, serta pasca penulisan perlu difasilitasi guru dengan bimbingan, dalam menunting dan mengedit, serta ditindaklanjuti jika ada kekurangannya. Fasilitasi guru dalam siswa menceritakan atau mempresentasikan hasil tulisan yaitu dengan membimbing penjedaan, olah vokal (lafal dan intonasi), mimik, gesture, maupun mental peserta didik.
Semua fasilitasi guru di atas dilandasi pentingnya pendekatan saintifik yang merupakan penyempurnaan pembelajaran CBSA pada KTSP. Dalam menfasilitasi peserta didik, guru mengarahkan dan membimbing dengan komprehensif untuk membantu peserta didik secara aktif menemukan sendiri hasil belajarnya.
Nyamat, M.Pd., Guru SMP Negeri 3 Pati

1 komentar:

  1. Tugas Liburan
    Buku paket Bahasa Indonesia,Hal 7.
    1.segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan memiliki hubungan timbal balik
    2.unsur abiotik,unsur biotik,unsur sosial budaya
    3.melakukan reboisasi,menggunakan barang industri yang ramah lingkungan,melakukan pengolahan tanah sesuai kondisi
    4.banyak sungai di bawah tanah airnya melimpah,burung-burung kecil berkicau dan ayam berkokok
    5.masyarakat yang sehat,aman,tentram,lahir dan batin
    6.lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan memiliki hubungan timbal balik
    7.pertama
    8.ke-3
    9.ke- 4
    10.agar tetap menjaga lingkungan

    Nama : Nicky Candra Dika dan Septo Eko Cahyono
    Kelas : 7 i

    BalasHapus