Guru dalam
Pembelajaran Kurikulum 2013
Oleh Nyamat
Peran guru pada pendekatan saintifik
sebagai fasilitator perlu memberi fasilitas pada peserta didik untuk mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Dalam
kegiatan mengamati, guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta
didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan melihat, menyimak, mendengar,
dan membaca. Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan pengamatan, melatih
mereka untuk memperhatikan hal yang penting dari suatu benda atau objek. Tanpa
fasilitasi tersebut pengamatan peserta didik kurang terarah dan tidak tahu mana
yang bagian utama objek pengamatan dan bagian pelengkap objek pengamatan.
Kegiatan menanya, fasilatsi guru yaitu membimbing peserta didik untuk dapat
mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan objek yang konkrit sampai kepada
yang abstrak berkenaan dengan fakta, konsep, prosedur, atau pun hal lain.
Pertanyaan bersifat faktual dan hipotetik. Peserta didik perlu dikembangkan
rasa ingin tahu yang menjadi dasar untuk mencari informasi lebih lanjut dan
beragam dari sumber yang ditentukan guru sampai sumber yang ditentukan sendiri
oleh peserta didik.
Fasilitasi guru dalam kegiatan mengumpulkan informasi dan mengasosiasi
yaitu mengarahkan peserta didik untuk membaca buku dan sumber lain (media massa
baik cetak maupun elektronik) yang lebih banyak. Dari kegiatan tersebut akan
terkumpul informasi yang menjadi dasar untuk memproses informasi ada tidaknya
keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya, bahkan mengambil berbagai
kesimpulan dari pola yang telah ditentukan.
Sedang kegiatan mengomunikasikan, peserta didik perlu difasilitasi guru
untuk menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan. Bagaimana isi dan
mekanik tulisan peserta didik supaya runtut, santun, baik, dan benar. Pra
penulisan, pelaksanaan menulis, serta pasca penulisan perlu difasilitasi guru
dengan bimbingan, dalam menunting dan mengedit, serta ditindaklanjuti jika ada
kekurangannya. Fasilitasi guru dalam siswa menceritakan atau mempresentasikan
hasil tulisan yaitu dengan membimbing penjedaan, olah vokal (lafal dan
intonasi), mimik, gesture, maupun
mental peserta didik.
Semua fasilitasi guru di atas dilandasi pentingnya pendekatan saintifik yang merupakan penyempurnaan pembelajaran
CBSA pada KTSP. Dalam menfasilitasi peserta didik, guru mengarahkan dan
membimbing dengan komprehensif untuk membantu peserta didik secara aktif
menemukan sendiri hasil belajarnya.
Nyamat, M.Pd., Guru SMP Negeri 3 Pati
Tugas Liburan
BalasHapusBuku paket Bahasa Indonesia,Hal 7.
1.segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan memiliki hubungan timbal balik
2.unsur abiotik,unsur biotik,unsur sosial budaya
3.melakukan reboisasi,menggunakan barang industri yang ramah lingkungan,melakukan pengolahan tanah sesuai kondisi
4.banyak sungai di bawah tanah airnya melimpah,burung-burung kecil berkicau dan ayam berkokok
5.masyarakat yang sehat,aman,tentram,lahir dan batin
6.lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan memiliki hubungan timbal balik
7.pertama
8.ke-3
9.ke- 4
10.agar tetap menjaga lingkungan
Nama : Nicky Candra Dika dan Septo Eko Cahyono
Kelas : 7 i